Pendahuluan.
E-commerce (Electronic commerce) atau dalam bahasa indonesia disebut
Perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce merupakan bagian dari
e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan
teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat
elektronik(e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya
sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-Commerce pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan
promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel
online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai
seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
B. PEMBAHASAN
B.1 Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik
- Manfaat perdagangan melalui
jaringan
elektronik :
- Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
- Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat.
- Pelayanan pelanggan lebih baik.
- lebih efisien dan mempersingkat waktu.
- Kendala perdagangan melalui
jaringan elektronik :
- Biaya lebih Tinggi.
- Keamanan yang belum terjamin.
- masih tingginya tingkat penipuan khususnya pada internet.
- Perangkat lunak yang masih terbatas.
- Jalan menuju perdagangan
melalui jalur elektronik :
- Mengumpulkan Intelijen Bisnis
- Sistem Antar Organisasi (IOS) dimana didalamnya terdapat EDI
- Membuat Metodologi yang tersedia mencakup daur hidup sistem dan perancangan ulang proses bisnis.
- Menggunakan Teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan Internet
B.2 Strategi perdagangan melalui
jaringan elektronik :
Ada beberapa cara atau strategi
perdagangan melalui jaringan elektronik . salah satunya dengan Sistem
Antar-Organisasi/ Interorganization System (IOS)
Para mitra bisnis ikut dalam IOS
dengan harapan memperoleh manfaat tertentu. Manfaat tersebut terbagi atas dua
kategori, yakni :
- Efisiensi komparatif.
Para mitra bisnis dapat menyediakan barang dan jasa dengan
biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka. Perbaikan efisiensi dapat
berasal dari dalam dan berkaitan dengan organisasi lain :Efisiensi internal;
perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan tersebut sehingga dapat
mengumpulkan data dan menganalisisnya lebih cepat serta membuat keuputusan
lebih tepat dan cepat.
- Efisiensi antar organisasi.
perbaikan-perbaikan diperoleh melalui kerjasama dengan
perusahaan lain. Sehingga memungkinkan menawarkan lebih banyak barang dan jasa,
melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan tertentu ke pemasok atau
pelanggan, serta mudah mengumpulkan data lingkungan.
- Kekuatan tawar-menawar.
merupakan suatu kemampuan untuk menyelesaikan perselisihan
dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya. Kekuatan tersebut
berasal dari :
- Keistimewaan produk yang unik.
pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebig cepat, waktu
respon atas permintaan informasi yang lebih cepat.
- Penurunan biaya yang berhubungan
dengan pencarian.
mengurangi biaya belanja dalam
mencari pemasok, dapat mengidentifikasi produk alternative dengan mendapatkan
harga yang terendah.
- Peningkatan biaya peralihan.
perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke pesaing maka
biaya peralihannya menjadi mahal. Ketergantungan produk satu dengan yang
lainnya sangat tinggi.
B.3 Manfaat dari IOS
- Manfaat IOS (Intra Organizational system) :
1.Efisiensi komparatif, dapat
menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing
- Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan
- Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain
- Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan
- Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain
2. Kekuatan tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan
perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. Kekuatan
itu berasal dari tiga metode dasar:
- Keistimewaan produk yang unik
- Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
- Peningkatan biaya peralihan
- Keistimewaan produk yang unik
- Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
- Peningkatan biaya peralihan
B.4 Pertukaran Data Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik/
Electronic Data Interchange (EDI)
Pertukaran data elektronik adalah
proses transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mein
secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan.
Transmisi tersebut memungkinkan data yang ditransmisikan dan diterima tanpa
pengetikan ulang. Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan
dengan pemasoknya dan pelanggannya. Kaitan dengan pemasoknya dinamakan sisi
pasokan (supplay side) dan kaitan dengan pelanggannya dinamakan sisi pelanggan
(customer side).
EDI bukanlah suatu strategi yang
harus dilaksanakan sekaligus (mutlak) atau sama sekali tidak. Para mitra bisnis
dapat menerapkannya dalam berbagai tingkatan. Tingkatan yang dimaksud yaitu :
-Pemakai tingkat satu.
hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke
sejumlah mitra bisnis yang terbatas.
- Pemakai tingkat dua.
banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar
mitra bisnis
- Pemakai tingkat tiga.
banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah besar
mitra bisnis dan juga aplikasi komputer perusahaan disesuaikan dengan
pendekatan EDI.
Terdapat beberapa faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan penerapan EDI, faktor-faktor
tersebut adalah :
•Tekanan persaingan – reaktif
•Kekuasaan yang dilaksanakan –
proaktif
•Kebutuhan intern – proaktif
•Dukungan top manajemen –
mempengaruhi keputusan, tanpa bertindak secara reaktif atau proaktif.
- Penerapan EDI dapat meberikan
manfaat langsung yang berasal dari penggunaan teknologi dan manfaat tidak
langsung, yakni :
•Mengurangi kesalahan
•Mengurangi biaya
•Meningkatakan efisiensi operasional
•Meningkatkan kemampuan bersaing
•Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
•Meningkatkan pelayanan pelanggan
•Mengurangi biaya
•Meningkatakan efisiensi operasional
•Meningkatkan kemampuan bersaing
•Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
•Meningkatkan pelayanan pelanggan
C. Kesimpulan
Teknologi yang ada pada saat ini
dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam bidang apapun termasuk bidang perdagangan.
Keuntungan bagi perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi
perdagangan melalui jaringan elektronik anatara lain, meperpendek jarak dengan
konsumen, perluasan pasar dan perusahaan atau organisasi mendapatkan efisiensi
dari teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik tersebut.
referensi : http://dimascancer.blogspot.com/2011/11/bab-2-e-commerce.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar