" PENGENALAN PADA MANAJEMEN INFORMASI "
- Pentingnya manajemen informasi dalam perusahaan
pentingnya manajemen informasi dalam perusahaan disebabkan karena:
1.pengaruh ekonomi internasional.
2.persaingan dunia.
3.batas waktu yang singkat.
4.kendala-kendala sosial
1.pengaruh ekonomi internasional.
2.persaingan dunia.
3.batas waktu yang singkat.
4.kendala-kendala sosial
- meningkatnya kekompleksan tugas manajemen.
bisa di bilang akibat tuntan pekerjaan yang terus bertambah dan terus
menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu organisasi dalam
mencapai tujuannya sngat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola
organisasi tersebut .manajemen sebagai suatu metode yang
mengatur,mengelola organisasi dpapt di arti kan sebagai seni
melaksanakan sesuatu melalui orang,jika manajemen suatu
organisasibai.Maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
- keberadaan alat untuk memecahkan persoalan.
- keberadaan alat untuk memecahkan persoalan.
dalam perusahaan itu sangat penting untuk memudahkan dalam pengerjaan
pekerjaan.untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperti
komputer.gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem manajemen
informasi merupakan suatu terobosan besar,karena menyadari bahwa para
manajer membutuhkan informasi untuk pemecahan masalah.
- Peranan manajemen dalam pengelolaan manajemen informasi
Sumber daya manajemen ada 2:
1. Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
2. Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara
efektif. Sebagai tindak lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya
usha penataan sumber daya termasuk didalamnya manajemen informasi yakni
berupa:
-
Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di
perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
- sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
- sumber daya harus selalu diperbaharui.
* Keterampilan manajemen ada 2 :
keahlian komputer dan keahlian informasi. Di jaman yang sudah
mengandalkan teknologi serba canggih ini,komputer adalah alat yang wajib
bisa di kuasai.karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer
untuk menjalankan pekerjaan.
* Manajer dan sistem informasi
sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu,
contoh:
perusahaan
manufaktur.setiap sistem memiliki batas-batas luar yang memisahkannya
dari lingkungannya.tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen sistem
yang sama,namun secara umum bisa di gambarkan terdiri dari sumber daya
input(masukkan),proses transformasi dan sumberdaya output(keluaran).
- Data dan informasi
Data dan informasi merupakan suatu sumberdaya yang utamasecara
konseptual,yang keduanya pada umumnya merupakan hal yang saling
berbeda.data terdiri dari fakta dan angka dari berbagai sumber dalam
dunia nyata menyangkut entitas manusia,objek dan kejadian yang bisa
bersifat kualitatif dan kuantitatif serta bersifat internal maupun
eksternal.Informasi adalah data yang telah diolah sehingga punya arti
bagi pemakai.Pengolah informasi mengubah data menjadi informasi dan
merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual.
- Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi
Komputer adalah elemen yang penting dalam sistem informasi untuk
mengubah data yang sudah ada menjadi informasi bagi manajer dan pemakai
informasi yang lain.
- Evolusi sistem informasi berbasis komputer
- Fokus data (SIA/EDP)
Di dukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi yang di gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).
Di dukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines ,dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya .Aplikasi yang di gunakan sistem informasi akuntansi (SIA).
- Fokus informasi (SIM)
Aplikasi komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.
- Fokus pada pendukung keputusan (SPK)
Sistem informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
Sistem informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
- Fokus pada komunikasi (otomatisasi kantor)
Difokuskan pada otomatisasi kantor ,memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara para manajer dan pekerja melalui penggunaan alat-alat elektronik.
Difokuskan pada otomatisasi kantor ,memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas diantara para manajer dan pekerja melalui penggunaan alat-alat elektronik.
- Fokus konsultasi (sistem pakar)
Sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memcahkan masalah.
Sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi menyerupai seorang pakar dalam memcahkan masalah.
- Upaya pencapaian sistem informasi berbasis komputer
Sistem informasi berbasis komputer berkembang melalui
tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan
penggunaan.Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan
dapat dilakukan oleh pemakai sendiri atau pemakai bekerja sama dengan
spesialis informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar