PENDAHULUAN
Model sistem umum pada perusahaan
adalah dimana penyerdahanaan objek, yang terdiri dari berbagai jenis model yang
digunakan oleh perusahaan beserta kegunaan model itu sendiri yang mempengaruhi
juga di perusahaan agar mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan
masa depan. Yang biasa digunakan oleh perusahaan adalah model sistem informasi
fisik dan konseptual. Dan pada pendekatan sistem adalah sebagai perwujudan
manajer dalam pengambilan keputusan dan memecahkan masalah pada perusahan
tersebut.
PEMBAHASAN
- Pengertian Model.
Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang
menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa
penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket,
bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan
matematis.JENIS-JENIS MODEL :
aa
1. Model Fisik
penggambaran/ bentuk-bentuk entitas dalam bentuk 3 dimensi.
2. Model Naratif
menggambarkan entitas secara lisan atau tulisan.
3. Model Grafik
menggambarkan entitas dengan sejumlah garis atau symbol.
4. Model matematika
sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business
modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian
dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.
- Konsep dasar sistem model umum dalam perusahaan
Pendekatan Sistem Manajer terlibat dalam pemecahan masalah untuk
pengambilan keputusan yang efektif dan efisien.Sistem Konseptual adalah
suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer, informasi
dan standar. 2 elemen lain masuk dalam proses perubahan masalah
menjadi solusi (solusi alternatif dan kendala).
TAHAPAN
PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SISTEM.
1. Usaha
Persiapan
- Memandang
perusahaan sebagai suatu sistem.
- Mengenal
sistem lingkungan.
- Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
2. Usaha
Definisi.
- Bergerak
dari tingkat sistem ke subsistem.
Tujuannya
: mengidentifikasi tingkat sistem tempat persoalan berada.
-
Menganalisis bagian-bagian sistem dalam suatu urutan tertentu :
1.
Mengevaluasi standar.
2.
Membandingkan output dengan standar.
3.
Mengevaluasi manajemen.
4.
Mengevaluasi pemroses informasi.
5.
Mengevaluasi input dan sumber daya input.
6.
Mengevaluasi proses.
7.Mengevaluasi
sumber daya output.
3. Usaha
Persiapano
Pertimbangan alternatif yang layak.
-Mengevaluasi berbagai solusi alternatif.
- Memilih
solusi terbaik.
-
Menerapkan solusi
-
Memastikan bahwa solusi tersebut efektif.
FAKTOR
MANUSIA YANG MEMPENGARUHI PEMECAHAN MASALAH.
3 Kategori
manajer dalam merasakan masalah :
1.
Penghindar masalah (Problem Avoider),
manajer mengambil sikap positif dan
menganggap semua baik-baik saja.ia berusaha menghalangi kemungkinan masalah
dengan mengabaikan informasi.
2. Mengumpulkan
Informasi/Pencari masalah (Problem Seeker)) :
a. Gaya
teratur,
mengikuti gaya management by exception dan menyaring segala sesuatu
yang tidak berhubungan dengan area minatnya.
b. Gaya
menerima,
manajer jenis ini ingin melihat semuanya, kemudian menentukan apakah
informasi tersebut bernilai baginya/orang lain dalam organisasi.
3.Menggunakan
informasi untuk memecahkan masalah/Pemecah masalah ( Problem
solver)
a. Gaya
sistematik,
manajer memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang
telah ditetapkan. Co. : pendekatan sistem.
b. Gaya
intuitif,
manajer tidak menyukai suatu metode tertentu tetapi menyesuaikan
pendekatan dengan situasi.
- Penggunaan model sistem umum
Pasar
swalayan
Arus
Material: barang-barang yang akan dijual.
Arus
Personil : Manajer took,pegawai gudang,kasir.
Arus Uang:
Pemasukan yang disediakan oleh pembeli dan Pengeluaran kepada pemasok,pegawai
dan pemilik.
Sumber
daya mesin : Lemari pendingin,kotak peraga,rak-rak,dan computer.
Proses
transformasi: Pembungkusan Barang,mengatur barang di rak.
Elemen
manajemen system konseptual: Manajer Toko dan asisten.
Pengolah
informasi: Komputer dan pembaca beserta kasir.
referensi: http://dimascancer.blogspot.com/2011/11/bab-3-model-sistem-umum-perusahaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar