Minggu, 15 Mei 2011

Bagaimana teknologi game dapat menyelamatkan manusia

Awalnya GPU digunakan untuk permainan game, sekarang sudah lebih jauh

Teknologi game awalnya diperkuat dengan teknologi procesor, sekarang VGA atau lebih tepatnya GPU - Graphic Processing Unit mendominasi teknologi gaming.
Bayangkan sebuah computer game dengan dual VGA, dan procesor paling anyar, ditambah 16GB memory dari produk Alienware.
Computer game seperti itu malah mampu memberikan kebutuhan para ahli kedokteran. Tentu untuk memeriksa kondisi pasien. Seperti apa computer yang dapat menyelamatkan nyawa manusia digunakan.

10 tahun lalu produsen GPU masih membuat produknya dalam tahap pengembangan. Pasar game meledak dan butuh teknologi terbaru agar game terlihat semakin baik di layar computer.
Ada yang unik pada teknologi GPU, sistem GPU miliki proses paralel. Sedangkan procesor atau CPU mengunakan sistem serial.

Baik AMD dan Nvidia bersaing membuat GPU semakin cepat. Para ahli medis tidak luput dan memperhatikan teknologi untuk gaming. Sehingga bisa di implementasikan ke bidang kedokteran.
Para ilmuan sekarang dapat mengurangi waktunya, dengan memanfaatkan kecepatan GPU dan bukan procesor / CPU saja.
Beberapa bidang teknologi hardware bisa mengunakan teknologi proses secara paralel. Sayangnya perangkat computer jenis tersebut sangat mahal.
Sedangkan GPU memiliki set intruksi sederhana dan umum. Dibuat secara masal dan murahhh.
Dengan teknologi GPU, tinggal dibidang software saja sebagai beban biaya di dunia medis. Sedangkan hardware dapat memanfaatkan teknologi GPU. Seperti menelitian pada sel kanker dalam tubuh, dapat dibuat dengan gambar 3 dimensi. Tentunya mengunakan proses dari GPU saja.

Pada akhirnya, teknologi VGA dengan GPU yang semakin cepat bukan saja menguntungkan untuk permainan game.  Bidang medis dapat memanfaatkan teknologi GPU untuk menyelamatkan jutaan kehidupan, tanpa memerlukan biaya mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar