Minggu, 31 Oktober 2010

Gambaran manajemen umum

Gambaran manajemen umum


Manajemen

Proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota
organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi
yang sudah ditetapkan.
Fungsi – fungsi manajemen terbagi atas 2 :
a. Manajemen Fungsional
Hanya bertanggung jawab untuk satu bidang.
b. Manajemen Umum
Bertanggung jawab atas semua aktivitas manajemen.
Tingkatan Manajemen :
1. Manajer Lini Pertama,tingkat paling rendah dalam sebuah organisasi dimana orang bertanggung
jawab atas pekerjaan orang lain.
2. Manajer menengah, prinsip tanggung jawab manajer menengah adalah mengarahkan aktivitas
yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan menyeimbangkan permintaan manajer
mereka dengan kapasitas karyawan.
3. Manajer puncak, bertanggung jawab untuk manajemen keseluruhan dari sebuah organisasi.
Biasanya nama jabatan manajer puncak adalah chief executive officer, presiden dan wakil
presiden.
Keterampilan manajemen :
a. Keterampilan teknis
b. Keterampilan manusiawi
c. Keterampilan Konseptual
Evolusi Teori Manajemen :

1. Aliran Manajemen Ilmiah, muncul sebagai bagian dari kebutuhan untuk meningkatkan
produktivitas.
Prinsip-prinsip manajemen ilmiah menurut Frederick W. Taylor :
a. Perkembangan manajemen ilmiah yang sebenarnya, jadi metode terbaik untuk melaksanakan
setiap tugas dapat ditentukan.
b. Seleksi ilmiah para pekerja, sehingga setiap pekerja akan diberi tanggung jawab melakukan
tugas yang paling cocok dengannya.
c. Pendidikan dan pengembangan Ilmiah para pekerja.
d. Kerja sama bersahabat dan secara pribadi antara manajemen dan tenaga kerja.
2. Aliran Teori Organisasi Klasik, muncul sebagai bagian dari kebutuhan untuk menemukan
pedoman pengelolaan organisasi kompleks.
14 Prinsip manajemen menurut Henri Fayol :
1. Pembagian tugas
2. Wewenang
3. Disiplin
4. Kesatuan Komando
5. Kesatuan Pengarahan
6. Kepentingan individual di bawah kepentingan umum

PERENCANAAN
Proses penentuan tujuan, penerjemahan ke dalam strategi, kebijaksanaan dan program
organisasi.
Ada 4 Tahap dasar perencanaan :

1. Pengamatan situasi, Penyelidikan yang lengkap mempunyai tiga aspek : mendefinisikan
masalah, mendiagnosis dan menentukan tujuan.
2. Kembangkan alternatif, biasanya manajer menggunakan cara brainstorming (suatu teknik
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, individu di dlmnya mencoba meningkatkan
kreativitas dengan cara mengajukan alternatif secara spontan tanpa memperhatikan
kenyataan atau tradisi).
3. Mengevaluasi alternatif dan memilih yang terbaik.
4. Mengimplementasikan keputusan dan memonitor hasil.
Ada 2 tipe perencanaan :
a. Strategic Plan (rencana strategis),
Didesain oleh manajer tingkat tinggi dan menentukan sasaran secara luas untuk organisasi.
b. Operational Plan (rencana operasional)
Berisi rencana terperinci untuk melaksanakan atau mengimplementasikan rencana strategis
dalam kegiatan sehari-hari perusahaan.
Menurut waktunya, ada 2 jenis perencanaan :
1. Single-use plan (rencana sekali pakai),
Tindakan terinci yang digunakan sekali atau hanya kadang-kadang untuk memecahkan
masalah yang tidak muncul berulang kali.
2. Standing Plan (Rencana berkelanjutan),
Seperangkat keputusan yang telah ditetapkan, dipergunakan oleh manajer untuk menangani
aktivitas organisasi ; tipe utamanya adalah kebijakan, prosedur dan peraturan.


Sumber : id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar